Kamis, 15 Oktober 2015

Artikel penelitian



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DAN TEKNIK MERANGKUM TERHADAP PENALARAN MAHASISWA

Oleh
I Gede Astawan & Ni Wayan Rati

JJurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Pendidikan Ganesha
Email: igedeastawan@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan penalaran antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kuantum dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) menganalisis perbedaan penalaran antara kelompok mahasiswa yang merangkum dengan teknik peta pikiran dan kelompok mahasiswa yang merangkum dengan teknik konvensional; dan (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran (kuantum dan konvensional) dan teknik merangkum (peta pikiran dan konvensional) terhadap penalaran mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II Jurusan PGSD FIP Undiksha. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah penalaran mahasiswa dengan tes penalaran. Data dianalisis dengan ANAVA dua jalan faktorial 2 x 2.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kuantum dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan penalaran mahasiswa antara kelompok mahasiswa yang merangkum dengan teknik peta pikiran dan kelompok mahasiswa yang merangkum dengan teknik konvensional; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran (kuantum konvensional) dan teknik merangkum (peta pikiran dan konvensional) terhadap penalaran mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan dosen dan guru SD yang mengasuh mata pelajaran IPA, dapat menggunakan model pembelajaran kuantum dan teknik merangkum peta pikiran dalam rangka meningkatkan penalaran peserta didik.

Kata-kata kunci: pembelajaran kuantum, teknik merangkum, penalaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar